Panas = tempe

 

Bentley membara. Kemarin benar-benar panas sekali di dalam rumah karena suhu di luar ruangan mencapai 37 derajat Celcius. Akhirnya musim dingin selesai dan diganti dengan musim panas, ini adalah waktu yang paling pas untuk membuat tempe. Ya, tempe! Karena panganan khas Indonesia ini memang membutuhkan suhu yang hangat untuk dibuat. Beberapa kali pernah sih coba menggunakan teknik panas buatan (pakai selimut atau pemanas ruangan), tapi saya selalu kurang beruntung.

Sekali lagi… musim panas adalah musim paling tepat untuk membuat tempe. Ibu saya yang sedang senang sekali berkreasi membuat tempe pun sudah berkali-kali membuatnya.

Resepnya sederhana. Dimulai dari merendam kacang kedelai dengan air selama semalaman, lalu direbus untuk merontokkan kulit kacang, terkadang direbus sampai dua kali bila memang diperlukan. Terus dikasih ragi, lalu dimasukkan ke dalam plastik yang kemudian permukaannya ditusuk-tusuk dengan jarum pentul.

Kami di rumah menggunakan ragi aseli Indonesia yang dibeli di toko Asia. Sedikit saja pemakaiannya, lumayan canggih menghasilkan tempe yang Indonesia banget!

 

p_20161114_110524.jpg

Lalu tempe dijemur di dekat pintu agar mendapat hawa panas dari luar rumah. Terkadang ibu saya juga menempatkannya di bawah perosotan anak-anak yang masih ada bayangan sehingga tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Kemarin sempat dua hari tempe tidak berkembang. Nyaris putus asa, tapi Mami membongkarnya. Merebus ulang, dan dikasih ragi lagi. Alhamdulillah masih rejeki kami, tempe hasil rekonstruksi bisa jadi cantik seperti foto di bawah ini:

p_20161114_081423.jpg

Jamurnya tumbuh sangat tebal di antara bulir-bulir kacang kedelai. Thinking of tempe mendoan, tempe campur labu siyam ditumis pedas, tempe goreng kering plus ikan teri, super yum!! 🙂

Advertisements

Author: Ella

Penulis saat ini tinggal di Perth, Australia Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s